Jumat, 05 April 2013

BELAJARLAH & MENGAJARLAH!!

Assalamu’alaikum…
apa kabar saudara-saudariku semuanya?? Sehat-sehat aja kan?! Semoga Allah memudahkan semua urusan kita & selalu melindungi kita kapan pun ‘n dimana pun kita berada…Amiin! 
O iya, sebelumnya kuucapkan selamat datang dulu buat mahasiswa-mahasiswa baru di FK  dakwah dan komunukasi IAIN Raden Fatah Palembang. Welcome to Campus☺!!

Hmm…disini gue bukannya mau cerita or ngejelasin gimana kampus kita yaa, tapiiii…gue mau ngasih tahu tentang DAKWAH. Waduuhh…gak perlu segitunya kaleee responnya. Gue ngerti loe–loe udah pada tau apa itu dakwah, tapi..gak semua orangkan tau apa itu dakwah? ‘n yang udah tau pun belum tentu dia ngerti or memahami apa sebenarnya dakwah itu. Cuma sekedar tau or pernah dengar aja. So, gue akan sedikit ngasih tau tentang dakwah pada kalian. Sedikit?? Iya, coz klo banyak2 halamannya gak muat..hehee, b’canda. Gue cuma ngasih tau tentang dakwah sesuai pengetahuan ‘n pemahaman yang gue dapat, biar lebih mudah ngejelasinnya. Lagian, buat apa menjelaskan sesuatu panjang lebar ke sana kemari, sementara kita sendiri gak tau bahkan gak ngerti apa yang kita sampaikan..Sama aja bohong kan?! Oke, langsung aja yaa..

Dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah SWT sesuai dengan garis aqidah, syari’at dan akhlak Islam. Kata dakwah merupakan masdar(kata benda) dari kata kerja da’a yad’u yang berarti panggilan, seruan or ajakan.“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”. (Q.S. Al Anbiyaa’: 107)   Misi keberadaan kita di dunia ini tidak lain kecuali menjadi rahmat bagi semesta alam. Rahmat dalam pengertian menebarkan kasih sayang dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Misi inilah yang mengharuskan kita hidup dalam jalan dakwah. Mengapa? Karena hanya dakwah yang membuat seorang muslim konsisten mengajak orang lain ke arah kebaikan dan kasih sayang.

Itulah sebabnya Allah mewajibkan setiap muslim berdakwah, agar mantap merealisasikan misi keberadaannya di muka bumi. Kewajiban tersebut bahkan sudah kita sandang sejak akil baligh.“Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)”. (Q.S. Luqman: 17)

Dakwah adalah jalan orang2 yang mulia sepanjang masa. Saking mulianya jalan tersebut, Allah SWT sampai menyebutnya sebagai jalan ‘yang terbaik’.Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal saleh dan berkata, “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?”(Q.S. Fushilat: 33)

Saudaraku..berdakwah tidak hanya tugas mereka yang bersorban, tapi kita juga wajib berdakwah sesuai dengan kemampuan kita. Entah dengan cara mengisi mentoring/pengajian kelompok, bikin tulisan (kayak gue sekarang ini ne..hmm…semoga setiap untaian huruf ini dibaluti dengan keikhlasan dan hanya mengharap ridha Allah SWT semata..amiin) atau Cuma sekedar mengingatkan teman untuk shalat tepat waktu dan menegur teman yang mau menyontek saat ujian. Itu juga bisa dikatakan berdakwah.

Iya..Bukankah ketika kita mengingatkan teman kita untuk shalat tepat waktu, kita sudah mengajaknya melakukan kebaikan?? Dan ketika kita menegur teman yang mau menyontek, bukankah kita telah mencegahnya dari perbuatan mungkar?? Lalu, apalagi alasan kamu untuk tidak berdakwah?!!

“…Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.”(Q.S. Al-Ma’idah: 2)

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.” (Q.S. Al-‘Ashr: 1-3)

Jadi, saudaraku…Tugas kita sebagai mahasiswa muslim, muslim sejati tentunya adalah belajar & mengajar. Yaa..Belajarlah & Mengajarlah!!

“Barang siapa yang menunjuki ke arah kebaikan maka ia berhak memperoleh pahala seperti pahala yang melakukannya.” (HR. Muslim)

“Demi Allah jika Allah member petunjuk kepada satu orang melalui kamu, maka itu lebih baik dari unta merah.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya serta penduduk langit dan bumi hingga semut yang ada dalam lubangnya dan ikan-ikan yang ada di laut, semuanya bershalawat atas orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia” (HR. Thurmudzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar